Posts.
to impove your knowledge

Naskah Drama Bahasa Indonesia


Ini adalah naskah ujian praktek drama saya semasa SMA. Pada masa itu kasus Pembunuhan Mirna menjadi topik yang sedang hangat-hangatnya. Saat kami menulis naskah ini, hasil putusan pengadilan mengenai kasus ini belum tercipta, sehingga kami mengkreasikan cerita ini dengan beberapa cerita dan tokoh fiktif agar cerita ini menjadi lebih menarik, dan maaf kalau naskahnya jadi seperti persinetronan alay. Naskah ini dibuat oleh dua orang siswi SMA yang entah kebanyakan ide atau bahkan kebanyakan ide.

Judul               : Pembunuhan Mirna
Tokoh             :
  1. Mirna                                                          
  2. Ayah Mirna/Darmawan                                              
  3. Jessica                                                         
  4. Polisi/Krisna
  5. Hanie                                                           
  6. Detektif
  7. Arief                                                            
  8. Manajer
  9. Kian                 
  10. Pramusaji
Ket : Bold = Narasi, (...) = adegan

Saat musim dingin datang, ketiga mahasiswi Billyblue College di Australia sedang berbincang-bicang mengenai kelulusan yang sebentar lagi akan datang. 

Mirna   : Han, lo nanti lulus mau ngapain?
Hanie   : Belum tau nih, Mir
Jessica : Lo sendiri gimana sama Kian?, udah pacaran lama banget nggak nikah-nikah...
(Mereka tertawa bersama)
Hanie   : Masih mending gue ada, lo berdua mana?. Nggak kelihatan.
Jessica : Sorry ya, gue mah ada. Anak pertambangan pula.
Mirna   : Lo serius, Jess?. Kok nggak pernah cerita?.
Jessica : Hmm.., nggak sih... Dia temen SMA gue. Arief namanya. Gue suka, sih, sama dia. Nggak tau deh dianya.
Mirna   : Habis kelulusan kita ketemuan, yuk. Ajak Arief juga. Siapa tau kita bisa bantu lo, Jess. 

Di cafe, setelah kelulusan.

Mirna   : Makin lengket aja lo berdua
Hanie   : Iyadong, iyakan, babe?. 
Kian    : (Kian tersenyum dan menaikkan alis) Lo sekarang sama siapa, nih, Mir?.
Mirna   : Yaelah, nanti juga dateng sendiri.

(Jessica datang bersama seseorang)

Jessica : Guys, sorry, ya, gue telat. Ohiya, kenalin nih, temen gue, Arief. Lagi magang di sini sampe minggu depan. 

(Arief memperkenalkan diri satu per satu)

Kian :  Lulusan mana lo?, Aussie juga?.
Arief : Nggak, gue kuliah di UI. Lagi nyari kerjaan aja di sini.
Kian : Kerja di bidang apaan?
Arief : Pertambangan, Ki
Mirna : Bokap gue kerja di pertambangan, Rief, mau gue tanyain? 
Arief : Boleh juga tuh, Mir. Thanks, ya

(Arief tidak bisa melepaskan pandangannya dari Mirna)

Hanie : Gue mau ke toilet, nih. Ada yang mau ikut?.
Mirna & Jessica : Gue!

(Hanie, Mirna dan Jessica pergi ke toilet)

Kian : Dasar cewek, ke toilet aja rame-rame.
(Kian dan Arief terkekeh)
Kian : Eh, Rief, gue perhatiin lo ngeliatin Mirna mulu. Demen lo ya
Arief : Apaan sih lo. Tapi manis juga sih...
Kian : Lo mau kontaknya?
Arief : Emangnya lo ada?
Kian : Ada lah, cewek gue kan temennya
Arief : Boleh dah, gue mau nanya-nanya kerjaan sama bokapnya.
Kian : Ujung-ujungnya juga lo nanya yang lain
Arief : Shhh, mereka udah balik
(Hanie, Jessica dan Mirna datang)
Jessica : Asik banget ngobrolnya, ngobrolin apa, sih?.
Kian : Urusan cowok
(Lalu mereka tertawa) 

(Hanie berbisik pada Kian)
Hanie : Babe, pulang, yuk
Kian : Kenapa emangnya?
Hanie : Aku nggak enak badan
Kian : Yaudah
Hanie : Guys, gue sama Kian balik duluan ya, gue lagi nggak enak badan
Mirna : Oke, cepet sembuh, ya, Han
(Hanie dan Jessica pergi)

Jessica : Rief, jadi balik ke Jakarta minggu depan?
Arief: Nggak jadi, Jess
Jessica : Kenapa emangnya?
Arief : Gue punya alasan untuk lebih lama di sini
(Jessica tersenyum tersipu malu-malu)
Jessica : Lo selama di sini tinggal di mana?
Arief : Gue nyewa apartemen
Jessica : Di apartemen gue ada kamar kosong, lo mau pake?
Arief : Nggak usah, Jess

Di apartemen Kian
(Hanie mual-mual, ingin muntah)
Kian : Kamu kenapa, babe, kamu sakit? (Memegang pundak Hanie)
Hanie : Ki, aku mau ngomong sesuatu, tapi kamu jangan marah ya
(Kian melepaskan tangan dari pundak Hanie? 
Kian : Iya, mau ngomong apa,.
Hanie : Hmm..., Ki..., aku..
Kian : Kamu kenapa?.
Hanie : Aku hamil
Kian : (Terkejut) APA?. Kamu bercanda, kan?. 
Hanie : Aku nggak mungkin becanda untuk hal seserius ini
Kian : Ah bacot! Belum tentu itu anak gue!
Hanie : Kian..., mana mungkin aku bohong, aku cuma begini sama kamu doang
Kian : Bohong!. Pergi lo dari sini! (Mendorong Hanie ke tembok) 
Hanie : Aw (Kesakitan), Kian, sakit. Kamu kok gitu?. Ini beneran anak kamu, anak kita, Ki (Sambil memegang perut)
Kian : Gue nggak peduli! Pergi lo! Jangan pernah balik kesini dan jangan lo berani ngomong ke siapapun
(Kian menarik tangan Hanie dan memaksanya keluar dari apartemennya)

Arief dan Mirna pun berpacaran dan akhirnya menikah. Jessica pun sangat marah, namun tidak ada yang bisa ia lakukan selain mengikhlaskan mereka.Dua tahun kemudian, Hanie, Mirna dan Jessica dipertemukan kembali dalam acara reuni alumni Indonesia Billyblue Collage Australia.

Mirna : Guys, kangen banget sama kalian udah lama nggak ketemu
Jessica : Lo kurusan, Mir
Mirna : Masa sih? (Mirna terkekeh). Ohiya, kalian siap-siap jadi tante, ya
Jessica : Hah?, maksud lo apa, Mir?
Mirna : Guys, masa nggak ngerti, sih?
Hanie : Astaga, Mirna, lo hamil?.  Congratulations yaa. Ya ampun, udah mau punya anak aja lo, Mir. Jes kok lo diem aja? Temen kita hamil nih
Jessica : Oh iya, selamat ya, Mir
Mirna : Thanks ya guys. Buat merayakan ini, gimana kalau kita ketemuan di Café Oliver GI rabu depan?. Jangan ngaret ya!
Hanie : Asik! Di traktir, nih
(Mirna tersenyum)
Jessica : Deket-deket GI ada klinik nggak, ya?
Mirna : Nggak tau juga deh, mau ngapain emangnya?
Jessica : Gue ada perlu nih

Sekitar pukul 9, Jessica sampai di Mall Grand Indonesia. Karena waktu janjian mereka masih lama, ia pun memutuskan untuk berbelanja

Pukul 10 di Café Oliver

Pramusaji : Siang, mau pesen apa, mba?
Jessica : Kopi Vietnam-nya tiga ya, mba
Pramusaji : Ada lagi?
Jessica : Itu aja
(Kopi datang)
Pramusaji : Silakan, ini kopinya, mba
Jessica : Makasih

Hanie dan Mirna datang

Mirna : Wah, udah dateng aja lo, Jess. Dari jam berapa?
(Mirna dan Hanie duduk)
Jessica : Jam 9, Mir. Gue tadi ada urusan. Abis belanja juga. Ohiya, lo berdua udah gue pesenin kopi, kok
Hanie : Baik banget lo, Jess, nggak usah repot-repot kali. Tapi thanks ya
(Hanie menaruh sesuatu ke gelasnya, lalu menukarnya dengan gelas Mirna)
(Mirna meminum kopi)
Mirna : Kok rasa kopi gue aneh, ya?
Hanie : Coba gue icip, Mir, menjilat kopi Mirna) Ih iya kok rasanya aneh sih?, (Mengelap lidahnya dengan tissue) Jess, cobain deh
Jessica : (Mengendus kopi Mirna), iya baunya aneh

(Mirna kejang-kejang lalu mulutnya berbusa. Mirna pun jatuh dari kursi dan tergeletak di lantai. Badannya masih kejang-kejang)
Hanie : Mirna! Lo kenapa? Tolong! Tolongin temen saya!
Pramusaji: Astaghfirullah, mba ini kenapa? (Sambil langsung mengelap mulut mirna)
Hanie : Nggak tau, sehabis minum kopi dia langsung begini. Ada kandungan apa dalam kopinya?
Pramusaji : Nggak ada apa-apa, mba, saya sendiri yang buat kopinya
Hanie : Jess, bantu gue, Jess, Mirna gimana ini?
Jessica : Gue nggak tau, Han, Mir? Mirna? (Tetap tenang)
Manajer : Ada apa ini? Mba ini kenapa? Lebih baik segera hubungi kerabatnya
Hanie : Baik, saya akan hubungi suaminya

(Di telfon)

Hanie : Rief, Mirna, Rief. Mirna kejang-kejang. Mulutnya berbusa.
Rief: Hah?! Kok bisa?!
Hanie : Gue nggak tau, cepet ke sini
Arief : Oke, gue ke sana sekarang

Pramusaji : Mbak, temennya udah nggak bergerak. Nafasnya juga berhenti (Menaruh jari di bawah hidung Mirna)
Hanie : Mir! Bangun, Mir!, bangun!. Tolong! Siapapun tolong hubungin polisi

(Telfon)
Manajer : Selamat siang, pak, di café saya ada yang kejang-kejang dan mulutnya berbusa. Sekarang udah dia sudah nggak bergerak. Tolong segera ke Café Oliver mall Grand Indonesia sekarang, pak
Polisi : Baik, kami akan segera ke sana

(Arief datang)
Arief : Jess, Mirna mana?
Jessica : Di dalam, Rief, lagi di urus sama pegawai café dan Hanie
Arief : Mirna! Mir, bangun, Mir. Gimana ceritanya Mirna bisa begini, Han?
Hanie : Gue nggak tau, Rief. Tadi kita lagi minum kopi terus Mirna langsung kejang-kejang

(Menangis memanggil-manggil Mirna)

Tak lama kemudian, polisi pun datang dan membawa mayat Mirna ke rumah sakit untuk diotopsi. Berita kematian Mirna seketika tersiar di seluruh media masaa . 

Dikantor polisi
Hanie, Arief, Jessica, Pramusaji, dan manajer kafe Oliver berkumpul di ruang tunggu polsek Jakarta Pusat untuk dimintai keterangan
Arief : Sialan!, gue baru mau jadi bokap, istri gue malah meminggal. Siaal, istri gue meninggal! Mirna meninggal! Argh! (Sambil menangis dan memukul tembok)

Hanie : Yang tabah, ya, Rief. Gue juga nggak nyangka. Padahal hari ini niatnya kita mau ngerayain kehamilan Mirna. Gue minta maaf ya, Rief
Arief : Mirna.. Kenapa kamu tinggalin aku? (Arief kembali memukul-mukul tembok) 
Polisi : Mohon maaf saudari Hanie dan saudairi Jessica tolong segera keruangan saya

Hanie dan jessica mendapat giliran pertama untuk di mintai keterangan.

Polisi : Tolong ceritakan kronologis kematian nyonya Wayan Mirna Salihin 
Hanie : Jadi kami bertiga lagi ngopi pak, terus Mirna sempat ngeluh kalau kopinya rasanya aneh. Saya juga sempat mencoba tapi cuma menjilat aja. Terus Mirna langsung kejang-kejang dan mulutnya berbusa
Polisi : Memangnya kopi apa yang dipesan Mirna?
Hanie : Jessica yang pesankan kopi itu, 0-&
Jessica : Kopi Vietnam, pak
Polisi : Kenapa Anda yang pesan?
Jessica : Saya datang kepagian, pak, jadi saya pesankan aja duluan
Polisi : baik trimalasih atas keterangannya

Pak polisi mulai menaruh kecurigaan terhadap Jessica. Lalu polisi mengintrogasi manajer dan Pramusaji

Polisi : Tolong ceritakan kronologis kematian Mirna
Pramusaji : Sejak jam 10 pagi temannya mbak mirna, mbak Jessica sudah datang, nah, lalu ia memesan 3 cangkir kopi sekaligus untuk teman-temannya. Saya sendiri kok, pak, yang buat kopinya. Saya nggak merasa memasukkan apapun ke dalamnya
Manajer :  Kami heran pada mbak Jessica, pak. Ia terlihat sangat tenang, nyaris tidak panik sama sekali. Ia hanya melihat dan tidak membantu kami
Polisi : Baik, termakasih atas informasinya

Detektif bersama dengan polisi melakukan penyidikan terhadap kematian Mirna. 

Polisi : Ini bukan kasus yang enteng, bu
Detektif : Benar sekali, pak. Saya menemukan kandungan sianida dengan kadar 15mg di kopi Mirna. 
Polisi : Hah? Besar sekali kandungannya. Itu cukul untuk membunuh 150 orang. Lalu bagaimana pendapat ibu? Siapakah pelakunya,
Detektif : Saya masih mencari tahu, pak. Yang jelas bukan kesalahan dari kafe tersebut pak. Saya juga menemukan pentunjuk dari pantauan CCTV kafe tersebut.
Polisi : Apa itu?
Detektif : Dalam rekaman CCTV, Jessica datang jauh lebih dulu daripada Mirna dan Hanie. Dan ia menutupi cangkir-cangkir kopi yg dipesannya dibelakang tas belanjanya sehingga tidak terlihat di CCTV
Polisi : Saya juga ada sedikit perasaan curiga pada Jessica. Saat di intervew, ia terlihat sangat tenang. Masa ada orang setenang itu padahal teman dekatnya meninggal didepan matanya
Detektif : Jessica juga terbukti yang membuang celana yang ia kenakan saat hari meninggalnya Mirna. 
Polisi : Hmm..., oke, bu, selanjutnya kami yang akan urus. Kami juga akan menghubungi pihak kepolisian Austalia untuk mencari info lebih lanjut

Sementara itu, media massa sudah memberitakan mengenai spekulasi kematian Mirna. Jessica telah dicurigai oleh masyarakat sebagai penbunuh Mirna karena sikapnya yang selalu tenang, dan semua bukti mengarah kepadanya.

Keesokan harinya, ayah Mirna datang ke kantor polisi dengan keadaan sangat madah
Darmawan : Pak, saya ayah dari Mirna. Saya meminta keadilan bagi anak saya. Saya minta kasus ini diselesaikan secepatnya dan pelaku diberi hukuman seberat-beratnya. Hukum mati sekalian, pak
Polisi : Mohon tenang dulu, pak. Kami sedang melakukan penyelidikan terhadap kasus ini
Darmawan : Saya punya bukti yang otentik
Polisi : Apa itu?
Darmawan : Saya juga mencari info untuk menyelesaikan kasus ini. Dulu Jessica adalah teman dekat SMA suami Mirna dan Jessica sempat jatuh cinta kepadanya.
Polisi : Bapak tahu dari mana?.Kami butuh informasi yang akurat dan  didasari bukti
Darmawan : Saya tau dari teman dekat mereka pak, Hanie.
Polisi : Kalau begitu, kami akan hubungi saudari Hanie dan Jessica

Akhirnya Jessica ditetapkan sebagai tersangka setelah dilakukan penyelidikan sedemikian rupa. Polisi kembali memanggil Hanie dan Jessica untuk rekonstruksi ulang dan diinterogasi kembali. Hanie yang diintrograsi duluan.

Polisi : Saudari Hanie, menurut ayah korban, dulu saudari Jessica sempat jatuh cinta pada Arief, suami korban. Apa itu benar?
Hanie : Iya pak. Dulu rencananya malah saya dan Mirna mau bantu dia untuk dekat dengan Arief. Eh tapi Arief malah suka sama Mirna. Sempat ada konflik dingin antarmereka karena masalah ini
Polisi : Bagaimana reaksi Jessica saat melihat Mirna kejang-kejang di kafe,
Hanie : Nah itu, saya juga heran. Dia tenang sekali. Bahkan nggak bantu sama sekali. Dia cuma diem aja. Sesekali memanggil-manggil nama Mirna. Ohiya, pak, seminggu beleum itu, Jessica pernah nanya soal ada atau tidaknya klinik dekat GI
Polisi : Termakasih saudari Hanie atas informasinya

Lalu Jessica pun diintrogasi.

Polisi : Saudari Jessica, apa alasan Anda datang jauh lebih dulu daripada waktu yang sudah ditentukan pada hari kejadian?
Jessica : Saya ada keperluan pak
Polisi : Keperluan apa? Kata seorang saksii, Anda menanyakan soal klinik di seputar GI
Jessica : Saya mau beli obat untuk ibu saya
Polisi : Saya juga mendapat laporan bahwa Anda membuang celana jeans yang Anda kenakan pada saat kejadian?
Jessica : Saya buang itu karena sobek. Nggak masuk akal, nggak ada  hubungannya sama semua ini. Bapak curiga sama saya? Saya berani sumpah kok, pak, bukan saya pelakunya
Polisi : Sumpah Anda tidak artinya kalau tidak bukti. Lagipula semua bukti mengarah pasa Anda. 
Jessica : Lho? Kenapa kalian semua sangat memberatkan? Emang kalo saya datang kepagian, terus karna saya buang celana saya, terus saya tersangkanya? Konyol sekali ya pemikiran para polisi
Polisi : Anda kok bisa tenang-tenang saja saat mirna kejang-kejang? Selama introgasi Anda juga tidak terlihat panik sama sekali. Apa Anda tidak sedih melihat teman anda meninggal di depan mata Anda sendiri?
Mirna : Siapa bilang saya nggak sedih? Saya nyaris depres karena kasus ini. Saya sudah berteman dengan Mirna selama tujuh tahun. Saya terlihat tenang ya emang karna saya orangnya tenang. Saya tidak suka terlihat lemah di depan banyak orang.
Polisi : Baik saudari Jessica, Anda telah kami tetapkan sebagai tersangka. Mau Anda mau mengakui atau tidak ini sudah keputusan final. Anda ditahan sampai pegadilan memutuskan hukuman untuk anda
Jessica : (Sambil diborgol) Apa-apan ini? Bukan saya pelakunya. Sumpah pak. Ini nggak adil!

(Polisi menelfon Hanie)
Polisi : Saudari Hanie, kami telah menetapkan saudari Jessica sebagai tersangka
Hanie : Astaga, jadi beneran Jessica pelakunya? Saya nggak pak, persahabatan kami berakhir tragis. Terimakasih ya, pak. Tolong diproses sampai selesai.
Polisi : Baik. Terimakasih atas kerjasamanya saudari Hanie.

(Telfon diputus)

(Hanie berbicara pada dirinya sendiri)
Hanie : Dasar polisi bodoh!. Padahal kan gue yang bunuh (Tersenyum licik). Sorry, Jess... 
(Memamerkan sebungkus Sianida) 
(Merobek foto mereka bertiga)


Ternyata Hanie yang membunuh Mirna. Dengan sedemikian rupa, ia berhasil membutakan semua orang dengan kelicikannya. Semua orang dibuat percaya bahwa Jessica adalah pelakunya. Hanie melakukan hal ini depresi akibat masa lalunya yang keguguran secara tragis. Hal itu membuatnya dirinya benci pada setiap orang hamil. 
Esa Sa'diyah Esa Sa'diyah Author

About

My photo
i like to write and talk about psychology and music most of the times.

Check Out My Podcast!

Anti Sedih-Sedih Podcast!

Check Out My Design!

Check Out My Design!
Klik gambar untuk lihat designku!

Translate

Follow Me